Sabtu, 03 November 2012

Penyusunan Daftar Pemilih Sementara


"Paling lambat HARI INI, ditunggu sampai pukul 15.00 WIB" itulah sms yang masuk ke PPK Kecakot terkait penyusunan DPS dari KPU. Sontak anggota PPK Kecakot mem-forward ke seluruh PPS se-Kecakot.
Batas akhir penyusunan DPS di tingkat Kecamatan memang tanggal 2 Nopember. sebenarnya sudah diperkirakan penyusunan DPS di wilayah Kecakot mengalami kendala, antara lain:

  1. Mobilitas penduduk yang tinggi

Penduduk kecakot yang masuk data pemilih sebagian besar mempunyai aktifitas keseharian yang sangat mobile, mengakibatkan pendataan dari PPDP sedikit lambat. Bukan saja aktifitas pekerjaan yang selalu bergerak, domisili pun lumayan mobile (banyak data pemilih yang kost/ kontrak rumah), belum lagi yang mempunyai domisili lebih dari satu.Mengakibatkan ada pendataan yang kurang lengkap utamanya NIK



2. Tanggungjawab pekerjaan berbanding lurus dengan kompensasi

Ciri penduduk perkotaan yang materialistik, dimana kerja diukur dengan bayaran.
PPK Kecakot selalu supervisi dan monitor PPS ketika diketahui ada kekuranglengkapan data dari Data Pemilih langsung menginstruksikan kepada PPDP melalui PPS untuk melengkapi, namun ada sebagian Petugas Pemutakhiran tetap tidak maksimal, entah ia enggan turun kembali faktual data atau  ada kendala lain (kesulitan bertemu pemilih), yang pasti data pemilih tetap kurang lengkap.
Sebenarnya di awal ada kesulitan dalam pembentukan PPDP, hingga kami tidak mensyaratkan apapun dalam proses rekrutmen PPDP, ada yang mau aja alhamdulillah.

3. Kurang menguasai komputer

Dalam penyusunan DPS mau tidak mau harus memakai komputer, ada beberapa PPS yang mengerti/menguasai komputer hanya satu anggota saja. Hingga penyusunan DPS hanya dikerjakan satu orang, tentu saja terjadi kelambatan proses penyusunan. Bahkan ada yang kesemuanya bingung cara penyusunan meski sudah di beri bimtek oleh PPK, untuk itu PPK menindaklanjuti dengan mengajari langsung ke kelurahan.

Namun meski terdapat kendala, PPK Kecakot tetap bertugas dengan semangat dan integritas tinggi. Hingga pukul 20.00 WIB yang masuk ke PPK masih 11 Kelurahan kurang 3 Kelurahan. Sembari menunggu DPS yang belum masuk, PPK Kecakot memeriksa DPS yang sudah ada. Hasilnya masih terdapat data ganda yang nanti bakal di hapus sebelum menjadi DPT. Data ganda tersebut bisa dilihat di sini

Dokumentasi lainnya ada disini

Bapak Rois dan Bapak Sony memeriksa data ganda dalam DPS

Bapak Victor mengajari langsung ke Kelurahan hal penyusunan DPS

Suasana persiapan pengiriman DPS ke KPU

Bapak Victor memberi penjelasan terkait permasalahan dalam penyusunan DPS kepada Komisioner  KPU


Tidak ada komentar:

Posting Komentar