Jumat, 05 Oktober 2012

Rapat koordinasi dengan PPS tentang Pemutakhiran Data Pemilih

Pukul 18.50 Bapak-Ibu anggota PPS mulai berdatangan, setelah mengisi absen anggota PPS langsung menempati tempat duduk. Hadir juga anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan, Ibu Titin dan Bapak Bambang atas undangan dari PPK.
Rapat dimulai pukul 19.00 tepat dan dipimpin oleh Ketua PPK kecakot, Bapak Kozin. Agenda Rapat adalah koordinasi Tata cara Pemutakhiran Data Pemilih, namun form yang sedianya datang tanggal ini dari KPU ternyata masih belum di distribusikan ke PPK sehingga Rapat berlanjut tanpa disertai pembagian form. Beruntung pada rapat sebelumnya PPK telah membagi contoh form-form yang digunakan untuk pemutakhiran data. Form-form tersebut antara lain, Form Pendataan, dan Form Rekapitulasi.

Penyampaian materi oleh Bapak Kozin disampaikan secara runut dan jelas, bahwa PPDP dalam memutakhirkan data mendatangi rumah per rumah dengan acuan DP dengan membawa serta:
  1. Form Pendataan, diisi sesuai Kartu Keluarga, semua anggota keluarga dicatat baik yang mempunyai hak pilih maupun yang belum. Untuk yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih dan belum masuk di DP maka didaftar dan di tuliskan NIK-nya pada kolom keterangan.
  2. Form Rekapitulasi Pendataan, data-data yang diperoleh dari form pendataan di rekap dalam form dan ditandatangani oleh kepala keluarga atau anggota keluarga yang ada pada saat itu
  3. Menempelkan stiker pada rumah tersebut
Proses pendataan yang mirip dan bahkan sama identik dengan sensus penduduk ini terlihat memberatkan PPDP, namun hanya di awalnya saja.
Dalam proses masa pemutakhiran data pemilih ini jika terdapat penambahan data pemilih maka langsung segera ditambahkan dalam DP begitu juga jika terjadi pengurangan DP langsung di coret dari DP.
Sehingga jika proses pemutakhiran ini selesai dan tuntas maka kemungkinan besar tidak akan ada penambahan DP baru setelah DPS diumumkan, dikarenakan semua telah terekam.
Rapat pembekalan tentang Pemutakhiran DP ini diharapkan dari anggota PPS bisa memahami dengan sebenarnya, karena PPS nanti akan mem-bimtek anggota PPDP di Kelurahan masing-masing.

Selain tentang pemutakhiran DP Rapat yang digelar di kantor PPK Kecamatan Tulungagung berlangsung meriah -banyak joke2 dan  gurauan dari anggota PPS yang bikin tersenyum dan bahkan tertawa- , juga dibagikan berkas perbaikan dukungan dari bakal pasangan calon dari jalur independen, yaitu dari pasangan Subani-Agus serta Bangun-Soniman. Untuk verifikasi dukungan independen ini dilakukan oleh PPS sendiri.

Rapat berakhir pukul 21.00 WIB. Untuk dokumentasi lainnya bisa dilihat disini..

Bapak Kozin memimpin rapat. PPK Full Team dengan Sekretaris

Rapat Koordinasi - Anggota PPS memperhatikan dengan seksama - Panwascam (Ibu Titin) ikut menghadiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar