Sabtu, 01 Desember 2012

Penyusunan Daftar Pemilih Tetap

Jum'at 29 Nopember 2012, PPK Kecakot menghadiri undangan dari KPU untuk koordinasi Penyusunan Daftar Pemilih Tetap. Acara berlangsung mulai pukul 14.00, setiap PPK se Kabupaten Tulungagung diwajibkan membawa laptop beserta softcopy DPT masing-masing.
Acara utama adalah input data DPT ke database KPU melalui SIDAPET (Sistem Informasi Daftar Pemilih Tetap). Dalam input data tersebut dipandu oleh tenaga ahli IT KPU Bapak Andi.
Dikarenakan jumlah TPS se Kabupaten Tulungagung mencapai 1.922 TPS maka proses input memakan waktu lama, ditambah lagi masih adanya informasi yang tidak lengkap-masih adanya kolom kosong pada DPT- yang ternyata tidak bisa terbaca oleh SIDAPET.
Kendala ini mengakibatkan PPK harus memeriksa satu persatu TPS demi TPS hingga tidak ada data yang tidak lengkap.
Seperti di PPK Kecakot pada awal input lancar-lancar saja, namun setelah dicek terakhir jumlah Daftar Pemilih Tetap berbeda dengan Hardcopy dari Rekapitulasi DPT. Untuk itu PPK memeriksa lagi TPS mana yang masih ada kolom kosong utamanya NIK.
Hingga pukul 20.00 akhirnya PPK Kecakot selesai menginput DPT plus mengkonversi ke format pdf untuk keperluan cetak.
Namun anggota PPK Kecakot Bapak Victor sesampai di rumah merasa ada yang kurang terkait input data DPT hingga akhirnya memeriksa dan membandingkan format excel dengan format pdf siap cetak. Kemudian diketahui ada ketidaksamaan dalam hal jumlah yaitu ada data yang tidak ikut masuk ke dalam format pdf siap cetak. Untuk itu pukul 21.00 Bapak Victor kembali ke kantor KPU untuk mengulang input data yang belum sesuai.
Ketika input data selesai ternyata kembali lagi jumlah Rekap DPT tidak sesuai dengan data yang ada di database. Dan kembali memeriksa mana-mana yang tidak sesuai, hingga akhirnya sampai pukul 24.00 diketahui bahwa Rekap DPT dari PPS banyak yang tidak sesuai dengan DPT. Memang Rekap DPT punya PPK hanya mengambil dari rekap DPT-PPS.Karena sudah malam maka proses input akan dilanjutkan esok hari.
Keesokannya PPK Kecakot kembali ke KPU dan langsung mengerjakan proses input dengan data yang sudah di tata, di teliti dan di cek ulang dari rumah oleh Bapak Victor. Hingga benar-benar selesai dan sesuai antara rekap dan data di database pada pukul 11.30

Dokumentasi lainnya ada disini


Bapak Victor memperhatikan petunjuk dari IT KPU
Tampak Bapak Ahmat dan Bapak Rois di pojok sedang menginput ke SIDAPET

Dimulai pukul 14.00 hingga pukul 19.00 masih sekitar setengah pekerjaan

Bapak Ahmat menginput data

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar